Tuesday, May 25, 2010

Restorasi hidup (Yehezkiel 48:30-35)

Bangsa Israel dipanggil untuk menjadi saksi bagi semua bangsa. Pengharapan yang dijanjikan kepada Israel mencapai klimaks dengan sebuah kota yang berperan sentral dalam kehidupan Israel sebagai bangsa yang dipanggil menjadi saksi bagi semua bangsa. Sentralitas kota terlihat melalui lokasi yang dikhususkan untuk TUHAN. Namun kota ini terletak bukan di wilayah yang dikuduskan. Artinya dapat diakses oleh siapa saja: orang awam, bahkan orang asing.

Kota ini memiliki dua belas pintu keluar yang diberi nama menurut kedua belas anak Yakub. Ini menunjukkan setiap orang Israel punya hak yang sama atas kota ini. Pemilihan kata "pintu keluar" alih-alih "pintu gerbang" atau "pintu masuk" menunjukkan bahwakota ini berorientasi keluar: orang akan keluar dari kota itu, berkat TUHAN akan keluar dari kota itu, kemuliaan TUHAN juga akan terpancar keluar dari kota itu. Kota itu akan jadi pengingat bagi Israel bahwa mereka dipanggil untuk menjadi kesaksian bagi bangsa lain.

Nama kota ini dalam bahasa Ibrani memiliki bunyi yang mirip dengan kata "Yerusalem". Penghindaran penggunaan "Yerusalem" nampaknya adalah upaya menegaskan bahwa Israel dan Yerusalem baru tak akan seperti Israel dan Yerusalem lama. Akan ada pembaruan drastis karena TUHAN dan umat akan bersekutu secara riil, tidak lagi melalui ritual ibadah tak bermakna, yang membawa mereka ke pembuangan.

Klimaks yang intens dan berakhir dengan nama yang indah itu menunjukkan bahwa yang terpenting bukanlah pemulihan kondisi politis atau pembangunan kembali infra-struktur yang telah hancur. Melebihi semuanya, kehadiran TUHAN dalam persekutuan dengan umat-Nya, itulah yang terutama. Kehilangan terbesar manusia ketika jatuh ke dalam dosa adalah persekutuan dengan Allah, dan restorasi terbesar yang TUHAN janjikan adalah TUHAN hadir bersama umat-Nya. Sudahkah restorasi itu terjadi di dalam hidup Anda? Bagaimana hidup Anda mengkomunikasikan restorasi itu kepada orang-orang di sekitar Anda?
Sumber : E-SH

0 komentar:

Post a Comment