Saturday, June 5, 2010

Memancarkan karakter Allah (Yehezkiel 48:1-8)

Tanah Israel dibagi dengan cara yang berbeda dibandingkan sebelum pembuangan. Ada pola yang sangat konsentris di dalam sistem pembagian itu. Tiap suku mendapat wilayah yang memanjang dari tepi Barat hingga tepi Timur wilayah yang baru. Suku Dan menempati wilayah paling utara. Tiga suku yang pertama disebut berasal dari para budak. Manasye dan Efraim adalah anak-anak Yusuf. Ruben adalah putra sulung Yakub. Yehuda memperoleh tempat prestisius, yang berbatasan dengan tanah yang dikhususkan sebagaipersembahan untuk TUHAN, karena Mesias yang dijanjikan akan datang dari suku Yehuda.

Pembagian ini menunjukkan prioritas baru bagi Israel. Mereka akan hidup berdampingan dengan damai. Suku-suku besar tak lagi memanipulasi suku-suku kecil. Batas wilayah ditentukan sama rata (bnd. Bil. 33:54). Tiap suku mendapat wilayah yang mencakup pantai Laut Tengah di sisi barat, daerah pegunungan di tengah hingga perbatasan di timur.

Sesudah bagian Yehuda, ada satu bagian tanah yang secara khusus dipersembahkan kepada TUHAN. Bagian ini membagi Israel menjadi 7 suku di utara dan 5 suku di selatan untuk mempertahankan posisi wilayah istimewa ini di tempat Yerusalem berada. Hal yang sama juga mencerminkan pembagian Kerajaan Utara yang lebih besar dibandingkan Kerajaan Selatan sebelum Israel dibuang dari tanah perjanjian.

Seluruh aspek kehidupan umat diatur demikian demi kebaikan hidup bersama di antara suku-suku Israel. Juga agar keteraturan dan ketertiban yang mereka tampakkan memancarkan karakter Allah kepada bangsa-bangsa lain. Kehidupan umat TUHAN tidak pernah dimaksudkan melulu untuk diri sendiri atau untuk terfokus kepada TUHAN dengan cara picik.

Allah menghendaki agar kita pun memancarkan karakter-Nya melalui tiap aspek kehidupan kita. Adakah karakter Allah tercermin dalam hidup Anda? Dengan cara bagaimana keluarga, pekerjaan, pergaulan, pengelolaan keuangan, dan tiap aspek dalam hidup Anda mencerminkan karakter Allah?
Sumber : E SABDA

0 komentar:

Post a Comment