Sunday, December 20, 2009

Keselamatan yang holistik (Zakharia 10:1-12)

Dosa membuat persekutuan manusia dengan Allah menjadi rusak. Hanya  anugerah Allah yang dapat memulihkannya. Pemulihan itu mulai  dengan pemberian keselamat-n. Keselamatan yang bersifat  menyeluruh.

Israel pernah memberontak kepada Allah dengan me-nyembah berhala.   Mereka meminta hujan dari terafim dan para juru tenung (ayat 2).  Israel seperti itu karena tidak ada penggembalaan dari para   pemimpinnya - Israel seperti domba liar (ayat 3). Puncak dari   kejatuhan Israel, yaitu ketika Allah menyerahkan mereka kepada    Asyur dan Babel, dua bangsa kafir adikuasa. Jadi boleh dikatakan    bahwa Israel, umat Tuhan ini, mempunyai masalah besar dalam hal  kekeringan rohani, perbudakan oleh kuasa gelap, dan penindasan    secara politik oleh kekuatan asing. Tiga hal ini membuat mereka   jauh dari persekutuan intim dengan Allah.

Allah tetap setia pada umat-Nya. Sesaat Ia murka dan menghukum,   tetapi segera pula Ia menerima mereka dalam kasih dan bahkan    melupakan dosa mereka (ayat 6). Lihat betapa Israel merespons   pengampunan Tuhan secara ekspresif (ayat 7).

Pemulihan yang Tuhan lakukan pada umat-Nya bersifat holistik. Allah   membebaskan umat-Nya dari ikatan kuasa gelap, tangan para gembala    yang jahat, dan cengkeraman kekuatan asing. Allah memenuhi apa    yang menjadi kebutuhan umat-Nya. Ia memberikan berkat-Nya,    memulihkan kehidupan rohani mereka dan membawa mereka kembali ke    tanah perjanjian. Ajaibnya dalam pembebasan umat-Nya ini, Allah   membuat mereka bisa berjalan kembali seperti semula, yaitu hidup    sesuai dengan kebenaran Allah. Hubungan bangsa ini dengan Allah    bisa pulih kembali.

Kelahiran Yesus yang sebentar lagi akan kita rayakan juga mengandung   keselamatan holistik. Karya keselamatan dalam Yesus juga utuh,   Dia datang menjadi manusia, hidup di antara manusia, mati    menanggung dosa manusia, bangkit menang terhadap semua masalah    manusia. Mari persiapkan hati di minggu-minggu advent ini    menyambut karya-Nya.
http://www.gkiisidikalang.co.cc
http://www.sabda.org/publikasi/sh/2009/12/16/


Berbagi di Facebook

1 komentar:

Gomgom Freddy Situmorang said...

Terima Kasih Tuhan buat Keselamatan yang kau berikan..........

Post a Comment